Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Andika Perkasa: TNI AD Siapkan Rp 400 Miliar untuk Penanganan dan Pencegahan Covid-19

YOGYAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) siapkan Rp 400 miliar untuk penangangan dan pencegahan Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia. Menurut Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, bahwa pihaknya sudah alokasikan anggaran total Rp 400 miliar untuk penanganan Covid-19.

 

“Tadinya (anggaran) khusus ini belum ada tapi sekarang kami munculkan agar bisa fokus penanganannya (Covid-19),” jelas Andika Perkasa, saat berada di Makorem 072/Pamungkas Yogyakarta.

 

Andika menjelaskan bahwa anggaran Rp 400 miliar tersebut tidak hanya diperuntukkan dalam penanganan Covid-19 di tingkat pusat semata, melainkan juga untuk penanganan hingga tingkat daerah. Besarannya yang cukup besar tersebut diakui mantan Danpaspampres tersebut sesuai dengan tugas dari TNI dalam pencegahan Covid-19.

 

“Apalagi menjelang New Normal juga yang memerlukan peningkatan kegiatan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan dan ini melibatkan hingga seluruh teritorial TNI AD,” papar jenderal bintang empat tersebut.

 

Adapun di Komando Resor Militer (Korem) 072/Pamungkas Yogyakarta bakal memaksimalkan peran dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada di wilayahnya dalam hal penanganan pandemi Covid-19 di masyarakat.

 

“Dengan wilayah kami meliputi juga DIY dan sebagian Jateng yang terdiri 5 Kodim di DIY dan 6 Kodim di Jateng, tentu cukup banyak Babinsa yang dimiliki. Ini yang kami maksimalkan peran mereka di masyarakat karena Babinsa yang berinteraksi langsung dengan masyarakat,” tandas Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.