Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Dana Otsus Digunakan Untuk Rekrut 1000 Calon Tentara Anak Asli Papua Barat Melalui Kodam XVIII Kasuari

Haluanberita.id – Panglima Komando Daerah Militer Kodam XVIII Kasuari mengatakan, rekrutmen 1000 Calon Bintara TNI dari Anak-anak Asli Papua Barat, akan di sokong dengan anggaran yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua Barat.

Panglima Kodam XVIII Kasuari Mayjen TNI, I Nyoman Centiasa mengatakan, saat ini masih dilakukan kordinasi di setiap Daerah yang di kordinir oleh para Dandim di Papua Barat dengan Bupati agar menyiapkan Generasi muda Papua Barat.

“Masih dilakukan kordinasi oleh para Dandim dengan Bupati untuk menyiapkan generasi muda, Puji Tuhan dari tiap-tiap Daerah akan ada perwakilan” kata Mayjen TNI, I Nyoman Cetiasa.

Menurutnya, rekrutmen 1000 Bintara TNI menggunakan anggaran dana Otonomi Khusus, maka yang menjadi prioritas adalah anak-anak Asli Papua Barat.

“Karena ini dari Dana Otonomi Khusus maka yang di prioritaskan anak-anak asli Papua Barat” jelasnya.

Disinggung mengenai beban Anggaran tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota, Mantan Danjen Kopassus itu menyebutkan, “Ya semuanya, Provinsi dan Kabupaten Kota, kan dari Dana Otsus” Katanya.

Menegenai kuota yang di rekrut dari masing-masing Kabupaten Kota di Papua Barat, dijelaskan bahwa hal itu akan di atur sehingga mencapai 1000 Orang.

“Jadi ada 13 Kabupaten Kota kan, nanti masing-masing menyumbangkan Putra-putri terbaik yang memenuhi syarat” jelasnya.

Bahkan menurut Pangdam, dalam rekrutmen tersebut juga ada Kuota Calon Kowat TNI AD tentara Wanita, dari Anak-anak Asli Papua Barat.

Saat ini para Dandim melakukan kordinasi dengan Kepala Daerah, sedangkan para Danramil dan Babinsa ditugaskan untuk mencari anak-anak yang sudah menyelesaikan pendidikan menengah, termasuk Anak-anak yang gagal dalam seleksi sebelumnya.

Mengenai Panitia Seleeksi, Pangdam menyebutkan akan melibatkan Panitia seleksi Eksternal, terutama dari kalangan lembaga adat.

“Ia kita akan libatkan Panitia seleksi dari luar terutama dari kalangan lembaga adat, sebab mereka tentu tahu setiap pendaftar itu anak asli papua atau bukan bisa dilohat dari marga” jelasnya.

Rekrutmen 1000 Calon Tentara dari anak Asli Papua Barat di harapkan ketika mereka berdinas, akan ditempatkan di semua instansi dibawah Kodam XVIII/Kasuari.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.