Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19

JAKARTA – Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 melakukan deklarasi secara nasional mendukung penanggulangan pandemi virus Corona.

Deklarasi berlangsung di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020).

Dalam kegiatan itu, hadir Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (purn) Budi Gunawan. Kemudian ada juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, perwakilan TNI, Polri, dan pihak kementerian terkait.

Budi Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan seluruh rekan relawan atas deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang melibatkan perwakilan dari beberapa provinsi.

Hal ini merupakan wujud kepedulian dan peran serta komponen bangsa penanganan Covid-19.

“Berbagai wujud konkret telah dijalankan seperti tes massal hingga lima ribu alat tes, jaring pengaman sosial, masker, dan penyemprotan disinfektan. Pada akhir bulan April akan ada laboratorium mobil yang merupakan kekuatan dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19,” kata Budi Gunawan.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno juga memberikan apresiasi kepada BIN karena telah membantu penanganan Covid-19.

“Hari ini kita berkumpul secara virtual siap membantu pemerintah memerangi wabah ini baik dengan tindakan aktif maupun preventif. Ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Terima kasih kepada semua pihak terutama BIN yang telah mengusahakan pertemuan ini,” ujarnya.

Deklarasi diikuti juga oleh 300 relawan di Jakarta diikuti oleh relawan lainnya di tujuh kota besar di Indonesia melalui virtual.

Deklarasi dilakukan di Jakarta, terpusat di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Para relawan seluruh Indonesia dinyatakan siap sedia terjun di lapangan membantu para medis guna bergotong royong mengatasi Pandemik Covid 19 di berbagai wilayah di tanah air.

“Para relawan telah dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang penanganan Covid 19 secara memadai sehingga mereka tidak gamang ketika bertugas,” ujar Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Lilik Kurniawan mengucapkan terima kasih atas dukungan para relawan dalam menangani Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua relawan yang telah deklarasi mendukung percepatan penanganan Covid-19 ini adalah bentuk dari bela negara, ” ucapnya.

Salah satu program relawan selanjutnya adalah Rapid test yang dilakukan di berbagai wilayah, sehingga dapat mempercepat proses deteksi dini dan cegah dini dalam menjejaki para pihak yang terinfeksi virus corona.

Tak hanya itu, melalui kesempatan ini juga para relawan bersama pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berbondong-bondong mengikuti rapid test yang akan diselenggarakan hari ini hingga Jumat (23/4/2020.

Pemerintah menargetkan, 5.000 peserta yang akan mengikuti kegiatan rapid test selama dua hari ini.

Adapun kegiatan tes covid-19 massal ini akan dilakukan di Wisma Atlet Kemayoran.

Rapit test buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, dilengkapi dengan standar prosedur protokoler ketat.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.