Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Din Syamsuddin dkk Ingin Selamatkan Indonesia, Ruhut: Ngga Punya Kaca?

JAKARTA – Ruhut Sitompul, Politisi PDIP menilai Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) dibentuk oleh tokoh-tokoh yang merupakan barisan sakit hati. KAMI sendiri diketahui dibentuk oleh Din Syamsuddin, Rocky Gerung, Said Didu, Refly Harun dan sejumlah tokoh lainnya.

Menurutnya, Din Syamsuddin dan lainnya tidak sadar diri padahal publik sudah mengetahui seperti apa rekam jejak mereka.

“Mungkin di rumah mereka atau di manapun berjalan tidak ada cermin. Karena itu belajarlah dari TNI dan Polri, semua kantornya selalu ada cermin biar kita mengaca diri,” ujar Ruhut, dikutip dari Netralnews.com, Selasa (18//8/2020).

Ruhut mengungkapkan sejak zaman orde Lama, kelompok seperti KAMI ini kerap bermunculan dan biasanya didirikan oleh orang-orang yang didepak dari pemerintahan.

“Kelompok-kelompok seperti ini dari zaman Orde Lama, Orde Baru sampai Orde Reformasi sekarang itu banyak, biasanya orang-orang yang terbuang,” katanya.

Mantan petinggi Partai Demokrat itu mengatakan kelompok tersebut hanya heboh di awal, namun akan redup seiring berjalannya waktu.

“Sekadar gitu-gitu aja. Ya tapi paling tidak wartawan berterima kasih karena dapat bahan berita, ha-ha-ha,” jelasnya.

Sebelumnya, salah satu deklarator KAMI, Din Syamsuddin mengatakan, deklarasi KAMI akan dilakukan di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (18/8/2020), pukul 10.00 WIB.

Deklarasi KAMI, disebut Din, akan dirangkai dengan perayaan 75 Tahun Kemerdekaan RI, serta peringatan 18 Agustus 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

Din mengklaim, KAMI didukung oleh para tokoh dan figur dari berbagai elemen serta komponen bangsa, mulai dari tokoh lintas agama, cendekiawan, akademisi, profesional, aktivis, buruh, dan angkatan muda, emak-emak.

“KAMI ini betul-betul koalisi yang menghimpun berbagai figur, berbagai tokoh yang ada dalam masyarakat Indonesia. Jadi ini adalah koalisi yang sangat majemuk,” ujar Din dalam konferensi daring persiapan deklarasi KAMI, Sabtu (15/8/2020).

Sejumlah nama tokoh yang disebut akan ikut dalam koalisi KAMI antara lain, Rahmawati Soekarnoputri, Rizal Ramli, Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo, Din Syamsuddin, Sri Edy Swasono, Rahmat Wahhab, Taufik Ismail, MS. Kaban, Rocky Gerung, Said Didu, hingga pakar hukum Refly Harun.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu mengungkapkan, dalam deklarasi nanti, KAMI akan mengeluarkan maklumat berjudul “Maklumat Menyelamatkan Indonesia”.

Dijelaskan Din, Maklumat Menyelamatkan Indonesia berisi butir-butir keprihatinan KAMI terhadap kondisi negara saat ini, mulai dari bidang ekonomi, politik, sosial, hukum, HAM, hingga sumber daya alam.

“Kami akan menjelaskan pada setiap butir sektor dari kehidupan nasional kita itu, apa yang kami nilai terjadi kerusakan, terjadi penyimpangan dan penyelewengan,” ujarnya.

Lanjut Din, pada bagian akhir maklumat itu ada delapan tuntutan kepada pemerintah dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ada tuntutan kepada penyelenggara negara, kepada pemerintah, bahkan secara spesifik dan tuntuan kepada presiden sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan,” pungkasnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.