Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Jakarta Kembali Pecah Rekor Kasus Covid-19, Anies Baswedan: Penambahan Kasus Seharusnya Disyukuri

JAKARTA – Perpanjangan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase pertama akan berakhir per 30 Juli 2020 besok.

Namun, jumlah kasus Covid-19 di DKI Jakarta belum menunjukkan adanya penurunan kasus.

Bahkan menjelang akhir PSBB transisi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan adanya penambahan kasus Covid-19 yang tergolong rekor baru.

Anies Baswedan mengatakan, angka kasus Covid-19 hari ini bertambah 584 kasus.

“Setiap hari kita mendengar kasus baru di Jakarta, hari ini angkanya agak besar di atas 400. Diumumkan sore ini jumlahnya, persisnya kita akan ada 584 kasus baru,” kata Anies, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Anies mengatakan, lonjakan penambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta disebabkan semakin masifnya pemeriksaan Covid-19 yang dilakukan Pemprov DKI.

“Jakarta mengambil strategi mencari orang-orang yang terpapar (Covid-19), lalu diisolasi, lalu diputus mata rantainya. Kalau Jakarta hanya ingin angkanya kecil, maka Pemprov DKI tidak perlu melakukan testing, dijamin angka Covid-19 langsung turun,” ujar Anies.

Oleh karena itu, Anies meminta agar masyarakat tidak panik saat mendapatkan informasi lonjakan penambahan kasus positif Covid-19.

Menurut Anies, penambahan kasus itu seharusnya disyukuri.

Artinya, masyarakat mengapresiasi dan mensyukuri langkah Pemprov DKI untuk menelusuri pasien positif Covid-19 yang berisiko menularkan virus kepada orang-orang di sekitarnya.

“Saya selalu sampaikan kalau ada angka positif harus kita syukuri ketahuan. Banyak dari kita yang menganggap kalau positif itu masalah,” ujar Anies.

“Memang kita masih punya wabah, di dunia juga masih ada wabah. Pilihannya mau ditemukan atau tidak. Kalau tidak ditemukan, angkanya kecil. Saya berkali-kali menegaskan, kami bukan ingin menurunkan angka Covid-19, kami ingin menurunkan penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.