Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Ketua BMP Pegunungan Tengah Imbau Masyarakat Tak Terprovokasi untuk Mengikuti Aksi Demo

JAYAPURA – Ketua Barisan Merah Putih (BMP) Pegunungan Tengah Papua, Salmon Welila mengajak seluruh masyarakat untuk tidak terpengaruh atau termakan dengan isu-isu yang sedang berkembang saat ini.

 

“Kita semua harus menjaga kamtibmas bagi semua elemen baik tokoh gereja, agama, masyarakat, adat, dan mahasiswa. Mari kita jaga kamtibmas bersama pemerintah dan pihak keamanan TNI-Polri yang ada di tanah Papua ini,” imbaunya di Jayapura, Jumat (12/6/2020).

 

Ia mengimbau para pemuda Papua untuk tidak membuat gerakan tambahan terkait adanya rencana aksi demo tuntut bebaskan 7 terdakwa kekerasan rusuh Kota Jayapura yang menjalani proses hukum di Pengadilan Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

“Para pemuda untuk sadar berdemo dengan tujuan tidak jelas dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” kata Salmon.

 

Selain itu, ia juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak mengikuti kelompok-kelompok yang membuat aksi.

 

Salmon mencontohkan, demo pada beberapa daerah di Papua 2019 lalu berujung diamankan 7 pelaku sebagai provokator kerusuhan.

 

“Indonesia ini adalah negara hukum, maka pihak keamanan akan menindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi mari kita saling menjaga kamtibmas maupun diri sendiri,” tandasnya.

 

Menurut Salmon, masalah rasisme jangan disamakan dengan yang terjadi di Amerika Serikat.

 

“Jadi, masalah rasisme yang ada di Papua sudah ditangani oleh pihak yang berwenang, Masalah yang ada di luar jangan sampai dibawa datang di Papua hingga dilakukan demo yang berujung kerugian harta benda dan nyawa,” tegasnya.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.