Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
KSAD Andika Perkasa: Kami Siap Perbaiki Kekurangan Obat Covid-19

YOGYAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa menyebut, pihaknya siap untuk memperbaiki dan memperbaharui kekurangan obat virus corona (Covid-19) yang dikembangkan oleh Unair-BIN-TNI AD.

Sebelumnya, proses tersebut telah diajukan ke BPOM untuk diuji secara klinis dan BPOM telah memberikan hasil inspeksi pertama kepada tim peneliti obat Unair yang menyebutkan belum memenuhi prosedur uji klinis.

“Uji klinis sudah diselesaikan dan pada hari kami serahkan itu, langsung diserahkan hasilnya maupun CAPA (Corrective and Preventive Action). Dari situlah BPOM harus me-view dan melihat kembali. Semangatnya adalah masing-masing ingin memberikan yang terbaik,” ujar KSAD usai bertemu dengan Wakil Gubernur DIY dan sejumlah pejabat Fokominda, Rabu (26/8/2020) di Ndalem Ageng Kepatihan Yogyakarta.

“Jadi ketika ditemukan kekurangan dari BPOM kita pun akan siap untuk memperbaiki. Dokumen dari CAPA itu sudah dikirim ulang Senin kemarin dan kami tinggal menunggu sampai dengan hasilnya selesai. Tapi kita pasti akan melakukan yang terbaik dengan secepat-cepatnya,” kata Andika.

Sementara, Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komjen Gatot Eddy Pramono yang ikut serta dalam kesempatan itu mengapresiasi langkah Pemda DIY yang disebut cukup berhasil dalam menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan aturan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat setempat.

“Alhamdulillah pak Wagub dan jajaran tadi menyampaikan bahwa sudah punya para netizen yang ikut menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang penggunaan masker,” ujar Komjen Gatot.

Wakapolri menyebut, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang penggunaan masker perlu disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat luas guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan agar masyarakat selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, sehingga angka penyebaran dapat ditekan seminimal mungkin.

“Mari kita gaungkan lagi tentang pentingnya penggunaan masker dan menjadikannya sebagai gaya hidup di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang,” imbuhnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.