Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
KSAD Andika Serahkan 39 Sapi Kurban untuk Warga Pulau Bungin, Luwu Utara, dan Pesantren di Jakarta Selatan

JAKARTA – Dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan hewan kurban kepada masyarakat di Pulau Bungin NTB, masyarakat terdampak banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dan Pondok Pesantren Al-Tsaqofah Jakarta Selatan.

Dalam chanel Youtube TNI AD yang diunggah 2 Agustus 2020, dijelaskan bila KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan 16 ekor sapi untuk dikurbankan kepada masyarakat Pulau Bungin, NTB.

Penyerahan dilakukan Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani kepada Kepala Desa Pulau Bungin, Jaelani dan tokoh masyarakat, Khaerman.

Usai menerima hewan qurban, Kades pulau Bungin mewakili masyarakat pulau Bungin menyampaikan terima kasih atas pemberian hewan kurban dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada warganya.

Pulau Bungin merupakan pulau terpadat penduduknya di NTB sehingga membuat KSAD memberikan atensi untuk menyerahkan hewan kurban ke wilayah tersebut.

Selain itu, sudah sejak lima tahun lalu, warga Pulau Bungin tidak pernah mendapatkan daging kurban di hari raya Idul Adha.

Pendistribusian daging qurban dilakukan dengan memegang pada protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Masyarakat tidak perlu datang ke lokasi pemotongan untuk menghindari kerumunan.

“Masyarakat cukup tinggal di rumah masing-masing dan masak di rumah masing-masing, kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua RT dan Ketua RW untuk mendistribusikan bagaimana teknisnya agar menggunakan protokol Covid-19,” kata Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Kemudian, di wilayah Luwu Utara, Sulawesi Selatan, KSAD menyerahkan 21 ekor sapi yang diperuntukkan bagi warga korban bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

Danrem 142/Tatag, Brigjen TNI Firman Dahlan mengatakan pembagian daging kurban kepada pengungsi yang tersebar dengan jumlah lebih dari 9.000 orang diberikan dalam bentuk siap saji.

“Untuk proses pengolahannya, ada enam dapur umum, gabungan dari TNI AD dan Dinas Sosial,” ujar Brigjen TNI Firman Dahlan.

Pendistribusiannya dilakukan menggunakan kendaraan TNI AD dan dilaksanakan hingga 2 Agustus 2020 dengan menu masakan yang berbeda-beda.

Selain itu, menurut Danrem pihaknya pun telah menyiapkan 9 freezer untuk menyimpan daging.

Untuk Pondok Pesantren Al-Tsaqofah, KSAD melalui Kadisbintalad, Brigjen TNI Edison menyerahkan dua ekor sapi kepada Kepala Pondok Pesantren Al-Tsaqofah, Kiai Sofwan Yahya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pondok Pesantren Al-Tsaqofah memberikan apresiasi kepada Jenderal TNI Andika Perkasa atas dedikasinya kepada pesantren dan masyarakat sekitar.

Hewan kurban yang diberikan akan didistribusikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap dengan adanya bantuan hewan kurban dari KSAD dapat meringankan beban masyarakat setempat pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.