Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Menag Gandeng TNI AD Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama

JAKARTA – Menteri Agama Fachrul Razi menggandeng TNI AD untuk kerja sama program peningkatan kerukunan umat beragama di Indonesia.

 

Kerja sama program itu ditandai dengan pertemuan Fachrul dengan Wakaster KSAD Brigjen TNI Sugiyono di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (30/6).

 

“Kementerian Agama bersama TNI AD membahas sinergi program peningkatan kerukunan umat beragama,” kata Fachrul dalam keterangan resmi di situs Kemenag RI.

 

Fachrul tak merinci bentuk program peningkatan kerukunan umat beragama yang menggandeng TNI AD.

 

Ia hanya menyatakan saat ini sedang membahas hal-hal yang telah dilakukan TNI AD dari sisi pertahanan untuk meningkatkan kerukunan beragama. Setelah itu Kemenag bisa melengkapi dan memainkan peran optimal dalam pendekatan keagamaan.

 

“Tujuan kita tentunya, peningkatan kerukunan umat beragama,” kata Fachrul.

 

Menurut Fachrul, selain menggunakan strategi pertahanan dan militer, keutuhan NKRI juga bisa dijaga dengan menggunakan pendekatan keagamaan.

 

Guna memperoleh hasil optimal, Fachrul memandang dibutuhkan kerja sama dan kesepahaman antara Kementerian Agama sebagai sektor utama di bidang keagamaan dengan lembaga pertahanan negara, seperti TNI atau Polri.

 

Wakaster KSAD Brigjen TNI Sugiyono menyampaikan pendekatan keagamaan dapat memperkuat pertahanan NKRI. Ia pun menyambut baik pembahasan sinergi program dalam rangka peningkatan kerukunan umat beragama ini.

 

“Dengan kebersamaan, permasalahan sebesar apapun tentunya akan mampu kita atasi,” kata Sugiyono.

 

Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) RI yang dikeluarkan oleh Kemenag tahun 2019 berada di angka 73,83 dalam rentang skor 0-100 secara nasional.

 

Angka itu mengalami kenaikan dari tahun lalu yang sebesar 70,90. Angka KUB itu terdiri dari tiga indikator, yaitu indikator toleransi dengan skor 72,37, kesetaraan 73,72, dan kerja sama 75,40.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.