Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Mengajar di Pedalaman, Satgas Yonif 732 Angkat Derajat Anak Suku Mausu Ane

JAKARTA – Peduli akan pendidikan dan sebagai upaya mengangkat derajat anak suku pedalaman sehingga menjadi generasi bangsa yang kuat dan handal, Satgas Yonif RK 732/Banau menjadi guru bagi anak-anak suku pedalaman Mausu Ane di Maluku.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 732/Banau Letkol Inf Suhendar Suryaningrat dalam rilis tertulisnya di Maluku, Sabtu (27/6/2020).

Dikatakannya, mengajar bagi anak-anak Suku Mausu Ane yang dilakukan oleh personel Pos Mausu Ane tersebut, sudah berlangsung dari bulan April 2020 lalu, sebagai upaya menyetarakan dan mengangkat derajat melalui bekal pendidikan yang memadai.

“Dimulai sejak personel kita masuk kedudukan di Pos Mausu Ane. Selain itu sebagai perwujudan keinginan Kepala Adat Suku Mausu Ane, agar anak-anak di sini memiliki bekal ilmu pengetahuan yang akan mengantarkan mereka menjadi generasi bangsa yang kuat dan handal,” kata Suhendar.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan belajar mengajar dilakukan setiap hari itu, diikuti 10 orang anak dengan tingkat pendidikan kelas 1 sampai kelas 3 SD, dan berlangsung dari hari Senin sampai dengan Sabtu, mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIT.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pihak SD Siahari, dalam hal ini Bapak Hallamury Sebastian selaku Ketua Sekretaris SD Siahari, dan juga merangkap sebagai Kepala Sekolah. Sehingga apa yang diajarkan sesuai dengan kurikulum yang ada,” jelas Suhendar.

“Harapannya setelah mereka memasuki tingkatan kelas 4 dapat melanjutkan kegiatan belajar mengajar di SD Siahari. Berkat koordinasi dan kerja sama yang baik, sudah berjalan dimana pihak SD Siahari akan datang ke Pos Mausu Ane untuk melaksanakan ujian akhir semester dan pembagian raport kepada anak-anak ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Praka Dahlan yang setiap hari menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak Suku Mausu Ane tersebut, merasa sangat senang dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada anak-anak tersebut.

“Senang sekali, apalagi melihat semangat mereka untuk belajar seperti berhitung, membaca, dan pengetahuan umum lainnya. Semoga ke depannya mereka dapat menggapai apa yang mereka cita-citakan dan mampu mengangkat derajat dirinya dan keluarganya,” harap Dahlan.

Di tempat terpisah, Ruben Kepala Adat Suku Mausu Ane, sangat berterima kasih kepada Satgas Yonif RK 732/Banau yang telah peduli dan bersedia mengajar bagi anak-anak Suku Mausu Ane, dan berharap agar ke depan mereka memiliki masa depan yang cerah dan dapat mengangkat derajat warga Suku Maunu Ase secara keseluruhan.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.