Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Mulia, Prajurit TNI AD Ini Menolong ODGJ di Jalan

MAJALENGKA – Aksi humanis prajurit TNI kembali viral di media sosial. Kali ini, aksi itu dilakukan prajurit yang bertugas di Kodim 0617/Majalengka.

Prajurit bernama Serda Ade Irawan, viral di media sosial setelah terekam warga membujuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di tengah jalan. ODGJ tersebut sempat mengganggu arus lalu lintas yang berada di pertigaan Sasak Beureum, Kecamatan Jatitujuh.

Saat ini, Ade menjabat sebagai Babinsa Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh, Majalengka dan bertugas di Koramil 1714/Jatitujuh, Kodim 0617/Majalengka, Korem 063/SGJ.

Dilansir dari akun Youtube TNI AD, ayah dua anak ini bercerita bagaimana dia menolong pria dengan gangguan jiwa. Saat itu katanya, dia baru saja pulang mendampingi warga membagikan bansos sembako pandemik Covid-19.

Saat hendak pulang ke markas, tiba-tiba dia melihat seorang yang diduga mengalami gangguan jiwa tertidur di jalan. Aksi tersebut tentu saja menganggu arus lalu lintas.

“Saya spontanitas. Nah, setelah saya membujuknya dengan sebatang rokok akhirnya orang tersebut mau diajak ke pinggir jalan. Namun, karena dia tidak berbusana, maka saya pulang ke rumah untuk mengambil baju saya untuk diberikan ke yang bersangkutan,” katanya.

Aksi Ade ini viral di media sosial dan banyak mendapat pujian dan apresiasi dari warga termasuk Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Harry.

Letkol Harry bahkan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Ade karena sudah berbuat yang terbaik untuk Rakyat.

Seperti amanat Jenderal Sudirman, kata Letkol Inf Harry, bahwa TNI adalah milik Rakyat. Amanat tersebut, telah diimplementasikan oleh Serda Ade Irawan.

Karena, warga yang mengalami gangguan jiwa juga merupakan bagian dari rakyat, sehingga Serda Ade berusaha untuk membantunya.

“Prinsipnya, saat tidak satupun orang melihat amal baik kita, biar Tuhan yang tahu dan membalas dengan caranya pada waktu yang sudah ditentukannya,” ujar Letkol Harry.

“Semoga apa yang dilakukan oleh Serda Ade Irwanbisa dijadikan contoh yang baik bagi seluruh prajurit TNI,” pungkasnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.