Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Otsus Bisa Majukan Papua, Persatuan Gereja Minta Pemda Bijak Kelola Dana dari Pusat

JAYAPURA – Persatuan Gereja-Gereja di Papua (PGGP) meminta pemerintah daerah (pemda) dapat mengelola dana otonomi khusus (otsus) secara bijak. Sebab anggaran dari pusat tersebut memberi sumbangsih besar dalam memajukan daerah Bumi Cenderawasih.

 

Ketua III PGGP, Pendeta MPA Mauri mengatakan, pemerintah harus transparan dalam mengelola bantuan dana ini. Efeknya, kata dia, pada penilaian publik terhadap kinerja pemda.

 

“Pemerintah harus dapat mengelola dan menggunakannya secara bijak. Sebab dana ini (otsus) memberikan sumbangsih besar terhadap kemajuan Papua,” kata Pendeta Mauri di Kota Jayapura, Papua, Selasa (1/9/2020).

 

Dana dari pusat ini, kata dia, harus dimanfaatkan dengan penuh rasa tanggung jawab, dan berfokus pada aspek pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur daerah.

 

“Kita juga perlu mengawal bersama, sehingga dana tersebut tepat sasaran,” ujarnya.

 

Tokoh agama di Papua, Pendeta Frans Vokames STh, sepakat perlunya pengawasan alokasi dan penggunaan dana pembangunan di daerah. Dengan begitu, anggaran yang begitu besar dari pemerintah pusat, benar-benar dirasakan oleh masyarakat setempat.

 

“Gunakan dana tersebut untuk melayani rakyat dengan baik, jauhkan dari keperluan pribadi,” kata Frans.

 

Kepala daerah nantinya akan bertanggung jawa kepada Tuhan atas penggunaan dana otsus ini. Selain adanya dukungan dari warga mengawal anggaran, para pejabat pun harus amanah dengan kepercayaan yang diberikan.

 

“Ketika kita salah dalam menggunakan dana ini, maka Tuhan akan meminta pertanggungjawaban dari kita,” katanya.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.