Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Permudah Izin, Strategi Bobby Nasution Perkuat UMKM Medan

MEDAN – Mengawali kampanye di hari keenam, Bobby Nasution menyerap aspirasi pelaku UMKM di Medan Tembung, Kamis (1/10/2020).

 

Bertempat di kediaman Hj Ratnawati Jalan Baru, Medan Tembung, Bobby bersama pelaku UMKM yang tergabung dalam Solid Berbaur menyerahkan sertifikat izin usaha kepada 50 UMKM. Bobby pun mengucapkan selamat kepada para UMKM yang terpilih, lantaran menurut dia, saat ini cukup sulit mendapatkan izin usaha, terutama UMKM.

 

“Ada sekitar 13 point yang terbilang tidak relevan dikenakan kepada UMKM dalam pengurusan izin usaha. Padahal izin penting bagi pelaku UMKM sebagai dasar untuk memperbaiki ekonominya,” jelas dia.

 

Harusnya, sambung Bobby, dimasa pandemi Covid-19 ini, izin usaha bagi pelaku UMKM dipermudah. Bantuan-bantuan yang diberikan pun tepat sasaran. “Saat pemerintahan pusat membuat program bantuan, harusnya pemerintah daerah mensosialisasikan bagaimana mendapatkan bantuan tersebut.

 

“Dalam mendukung UMKM, Pemerintah Kota Medan juga harus bisa menjadi pasar bagi UMKM kita,” terangnya.

 

Penggagas #KolaborasiMedanBerkah ini menuturkan, sebelumnya dia sempat datang ke Dunsanak Jalan Bromo, dan berjanji saat memimpin nanti, ASN Pemko Medan akan gunakan produk UMKM. “Yang penting untuk harus meningkatkan kualitas produknya. Jangan pula baru pakai dua hari lekang sepatu. Nanti korupsi tidak, karena sepatu lekang, awak kena tangkap,” beber Wakil Ketua HIPMI ini.

 

Dalam mendukung UMKM, terang Bobby, melalui aplikasi kolabin.id yang telah dibuat timnya, telah dilakukan pendataan UMKM.

 

“Seperti marketplace lainnya, seperti shopee, lazada, langsung masuk data dan kebutuhan masyarakat sebenarnya. Jadi kita akan manfaatkan kolabin.id untuk pendataan UMKM ini, sehingga bisa di treatment sesuai pasarnya,” jelas dia.

 

Dijelaskan Bobby, saat ini pemerintah pusat terus berupaya mempercepat pergerakan UMKM. Langkah awal, yang akan dilakukan Bobby, dengan memudahkan UMKM yang sudah ada, agar tidak turun semangatnya untuk meningkatkan perekonomian.

 

“Lantaran di situasi Pandemi Covid-19 ini, banyak yang terhenti kegiatan usahanya. Apalagi banyak yang tidak memiliki izin usaha, sehingga semakin surut semangatnya,” jelas dia.

 

Makanya bersama Solid Berbaur, Bobby memberikan izin usaha, sehingga selanjutnya nanti mereka akan bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

 

“Nanti kami akan berusaha membina mereka untuk memiliki produksi yang lebih baik lagi, sehingga bisa mampu bersaing dipasaran. Kemudian bisa masuk ke pasar modern, seperti supermarket,” pungkasnya.

 

Ketua Umum Solid Berbaur, Hilma Feryani SE menuturkan kehadiran Bobby Nasution diharapkan bisa memberikan perubahan dalam pembinaan UMKM ke depan.

 

“Karena kami melihat sampai saat ini, kinerja bobby dan tim ke masyarakat serta UMKM apa salahnya kita berkolaborasi, karena sama tujuan menjadikan Medan lebih berkah,” tukasnya.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.