Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Pimpin Gerakan Relawan, Sandiaga Yakin Indonesia Mampu Lawan Covid-19

JAKARTA- Relawan Indonesia Bersatu untuk melawan Covid-19 menggelar kegiatan di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Gerakan ini diinisiasi oleh Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam pembukaannya, pada 22 April 2020, Sandiaga memimpin para relawan untuk melakukan deklarasi. Sandiaga juga didampingi oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan. 

Sandi mengatakan, saat ini Indonesia sedang menghadapi krisis kesehatan karena wabah Covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi dan sosial. Oleh karenanya, perlu gerakan bersama untuk menanggulangi permasalahn tersebut.

Baca: Deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19

“Dalam sejarah bangsa ini sudah melewati krisis dengan bahu-membahu dalam nuansa gotong royong terutama melibatkan komponen bangsa. Insya Allah, Allah akan membukakan jalan supaya kita bisa mengalahkan Covid-19,” kata Sandiaga di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Deklarasi diikuti oleh relawan di sejumlah daerah melalui live streaming. Usai deklarasi, Relawan Indonesia Bersatu menggelar rapid test massal gratis bagi warga.

“Hari ini kita sudah tercatat 350 peserta yang akan testing dan akan terus bertambah. Kita ingin dalam waktu yang singkat testing ini akan datang ke pelosok-pelosok, ke tempat yang membutuhkan, di zona merah,” jelas Sandi.

Bagi yang dinyatakan positif dari rapid test, akan langsung diisolasi ke RSD Wisma Atlet. Relawan Indonesia Bersatu telah menyiapkan 10 ribu paket sembako untuk dibagikan ke warga.

Warga yang ingin mengikuti rapid test massal mendaftar ke Relawan Indonesia Bersatu. Setelah dilakukan verifikasi, maka bisa melakukan tes.

Sementara itu, Budi Gunawan mengapresiasi atas deklarasi Relawan Indonesia Bersatu ini. Menurutnya, peran seluruh komponen bangsa akan sangat bermanfaat dalam upaya penanggulangan Covid-19.

“Covid-19 ini musuh kita bersama, dengan bergabungnya komponen masyarakat yang dikoordinir pak Sandi dan kita lihat tadi sudah ada relawan tersebut di seluruh nusantara,” kata mantan Wakapolri itu.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.