Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Rizieq Kembali Mangkir, Polisi: Kalau Gentle ya Penuhi Panggilan Kepolisian

Haluanberita.id – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS) dan menantunya HSA kembali absen dalam pemanggilan kedua polisi. Keduanya diperiksa terkait kasus kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dari 15 saksi yang dijadwalkan pemeriksaan, hanya 6 saksi yang baru hadir. “Hari ini kita jadwalkan 15 orang pemeriksaan. Sampai sore ini 6 sudah hadir dan masih ada 9 lagi yang masih kita tunggu, termasuk saudara MRS dan juga menantunya HSA belum hadir dan ada beberapa lainnya,” kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Kombes Yusri juga menyebut Habib Rizieq dan menantunya absen lantaran memiliki kegiatan yang lebih penting. Hal itu diungkapkan pengacaranya. “Alasan ketidakhadirannya saudara MRS karena ada dakwah dan menantunya ada kegiatan lebih penting, menurut pengacara dari pemeriksaan ini,” ucap Yusri seperti diberitakan pmjnews.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono Polri memastikan polisi akan memberikan penindakan tegas kepada pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab apabila tidak memenuhi panggilan pihak kepolisian.

“Sudah jelas apa yang disampaikan bapak Kapolda Metro Jaya jadi tak perlu saya tambah. Jadi akhirnya akan menindak tegas HRS agar memenuhi pemeriksaan polisi. Sudah jelas tentunya, nanti akan ada tindakan tegas kalau yang bersangkutan tidak hadir,” terangnya.

Awi mengatakan, polisi membuka kemungkinan akan melakukan tindakan akhir dengan menjemput paksa Habib Rizieq. Sebab, menurut undang-undang, saksi wajib untuk memenuhi panggilan polisi. Ia berharap Rizieq Shihab kooperatif.

“Tentunya tadi kita berharap kalau MRS gentle ya penuhi panggilan kepolisian, karena memang itu diatur dalam Undang-undang di pasal 112 KUHAP. Sudah jelas bahwa saksi itu wajib untuk hadir panggilan polisi,” tuturnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.