Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Satgas Covid-19: Anies Harus Pertimbangkan Kajian Tim Pakar Sebelum Buka Bioskop di Jakarta

JAKARTA – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta Gubernur DKI Anies Baswedan mematangkan rencana membuka kembali bioskop di Jakarta. Salah satunya dengan mempertimbangkan kajian tim pakar untuk diterapkan saat bioskop kembali beroperasi.

 

“Kami bertemu karena kajian oleh Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 telah selesai dilakukan. Hasil kajian itu diharapkan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan,” tulis Doni dalam siaran pers diterima, Kamis (27/8/2020).

 

Menurut Doni, rencana Anies mengoperasionalkan kembali bioskop karena mendapat banyak permintaan dari kalangan industri film. Doni mengakui, jika penutupan bioskop selama pandemi berdampak pada sisi ekonomi. Namun ditegaskan Doni, rencana itu jangan sampai meningkatkan jumlah penularan Covid-19 di DKI Jakarta.

 

“Seperti dikatakan Presiden, antara rem dan gas harus seimbang. Kita tahu industri film dan bioskop memberikan dampak ekonomi yang besar, tetapi jangan sampai juga mengorbankan masalah kesehatan,” jelas Doni.

 

Protokol kesehatan selama di bioskop yang harus dijalankan sesuai kajian Tim Pakar Covid-19 yaitu pertama pemesanan tiket harus menggunakan online dan sepanjang pertunjukan penonton tidak boleh membuka masker.

 

Selanjutnya, jumlah penonton dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas. Dengan ada jarak antara satu penonton dengan yang lain. Filtrasi udara harus dibuat sebaik mungkin agar tidak menimbulkan penularan.

 

“Pemerintah sangat sadar bahwa konstitusi untuk melindungi keselamatan segenap warga tidak hanya terbatas melindungi dari ancaman Covid-19, tetapi juga jangan dari ancaman ekonomi,” Doni menandasi.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.