Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Satu Keluarga Sembuh Covid-19 di Malang, Berikut Kiatnya

Tiga pasien positif COVID-19 asal Dau, Kabupaten Malang, dinyatakan sembuh dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka adalah satu keluarga yang yang terdiri atas ayah, dua anak, serta kakek sudah menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan sejak 21 Maret 2020.

Plt Direktur Kanjuruhan dr Dian Suprojo mengatakan semangat sembuh dari satu keluarga tersebut sangat membantu dalam proses penyembuhan. Mereka juga sangat koperatif dan selalu memperhatikan makanan dan minuman yang disuguhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Ketika dijelaskan secara perlahan terkait alasan mereka dirawat, akhirnya mereka legowo. Bisa menerima apa yang terjadi. Kami buat senyaman mungkin, apa yang mereka inginkan kami penuhi. Malah mereka minta (menu) yang sehat-sehat, seperti buah dan air hangat selalu itu,” beber Dian kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Setelah 14 hari menjalani isolasi di RSUD Kanjuruhan, Kepanjen, ketiganya dinyatakan sembuh, setelah melalui dua kali swab test yang hasilnya menunjukkan perkembangan cukup baik.

Sementara itu, Bupati Malang Sanusi meminta masyarakat tak menciptakan stigma terhadap pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

“Virus ini sudah tak menular bila pasiennya sudah dinyatakan sembuh,” ucap Sanusi.

Sanusi tetap meminta masyarakat tak keluyuran untuk menekan penularan Covid-19. Kebijakan physical distancing harus diterapkan oleh masyarakat di 33 kecamatan seluruh Kabupaten Malang. “Tetap di rumah, jaga kesehatan-kebersihan, dan patuhi imbauan pemerintah,” pungkas Sanusi.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.