Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Sejumlah Peserta Demo Tak Tahu soal Isi RUU HIP

JAKARTA – Sejumlah organisasi Islam yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (Anak NKRI) menggelar aksi menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP), di depan Gedung MPR/DPR, Rabu (24/6).

 

Mereka menolak RUU karena sejumlah Ormas Islam menganggap RUU HIP membuka peluang ideologi komunis kembali berkembang karena tidak TAP MPRS Nomor 25/1966 tentang Pembubaran PKI tak dicantumkan dalam draf RUU itu.

 

Namun, dalam aksi penolakan RUU HIP itu, tidak semua peserta demo paham soal tuntutan itu, terutama peserta demo yang berusia remaja.

 

Reyhan (15), seorang peserta demo yang datang bersama puluhan rekannya dari Curug, Kabupaten Tangerang, mengetahui informasi demo itu dari poster yang tersebar di media sosial. Dari poster itu, mereka kemudian beramai-ramai menumpang kendaraan menuju ke Jakarta.

 

“Enggak tahu demo apa, lupa baca tadi. Juga enggak tahu apa. Datang karena niat saja,” kata dia kepada dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (24/6).

 

Peserta lainnya, Ikhwan (14) yang berasal dari Bogor, juga mengungkapkan hal serupa. Ia hanya mengikuti ajakan teman-temannya untuk datang ke Jakarta hari ini.

 

“Numpang tadi. Tadi baca-baca demo ini RUU HIP batalkan, tapi enggak tahu itu apa,” ucap dia.

 

Begitu juga Fadil (14) peserta demo lainnya, saat ditanya mengenai tujuan demo dan tuntutan pada hari ini, ia hanya menggeleng. Ketika ditanya soal isu kebangkitan Komunisme, ia juga hanya menggeleng.

 

“Ada di grup posternya. Ikut aja,” ucap dia.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.