Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Sindir Anies Soal Penghargaan STA, Pengamat: Hebat, Jakarta Sudah Kalahkan Paris dan Singapura?

JAKARTA – Pengamat Transportasi, Azas Tigor Nainggolan menyindir keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas penghargaan yang diberikan pada ajang Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diumumkan Jumat (30/10/2020) malam. Dimana Jakarta didapuk menjadi salah satu kota terbaik di dunia dalam penyediaan layanan Transportasi Umum.

 

Tigor mengaku bingung dengan penghargaan itu, sebab sistem transportasi di Jakarta masih belum tertata dengan baik.

 

Salah satu permasalahannya adalah sistem integrasi angkutan yang hanya berfokus di kawasan Sudirman-Thamrin. Itu pun hanya integrasi fisik tetapi tiketing dan pembayaran masih berdiri sendiri antar moda.

 

Lalu, masalah emisi dan kemacetan juga menurut Tigor tak ada perkembangan yang berarti hingga kini. Buktinya Jakarta kata dia masih belum bisa keluar dari masalah polusi udara dan kemacetan.

 

“Ini sistem pemilihannya seperti apa? Berarti hebat ya Jakarta sekarang bisa mengalahkan Paris dan Singapura,” kata Tigor ketika dikonfirmasi Akurat.co, Senin (2/11/2020).

 

Tigor kemudian meminta Anies Baswedan membuka kota apa saja yang menjadi saingan Jakarta pada ajang ini.

 

Jangan sampai kata dia kota-kota pembanding pada perhelatan ini berasal dari negara yang secara pembangunannya lebih baik dari Indonesia. Semisal kota-kota dari India.

 

Adapun saingan Jakarta pada ajang ini adalah Kota Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco, Sao Paulo dan sejumlah kota lain yang tak disebutkan namanya oleh Pemprov DKI Jakarta.

 

“Kalau mau cari pembanding itu jangan cari yang jelek cari pembanding dengan yang baik supaya menjadi perbaikan untuk Jakarta,” tegas Tigor.

 

Menurut Tigor, Anies tidak perlu jauh-jauh ikut lomba sampai ke Amerika demi mendapatkan status Kota Terbaik ini.

 

Kalau mau belajar sistem transportasi yang baik dia menyarankan supaya Pemprov DKI bisa belajar dari Singapura dan Kuala Lumpur. Kedua Kota di Asia Tenggara ini kata sudah punya sistem transportasi yang jempolan. Sistem integrasinya bagus.

 

“Pembanding kalau di Asia Tenggara masih ada Singapura, masih ada Kuala Lumpur. Itu sistemnya udah integrasi dan bagus,” tutupnya.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.