Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
TNI AD Gandeng Unair dan BIN untuk Penanganan Klaster Secapa di Bandung

JAKARTA – TNI Angkatan Darat menggandeng Universitas Airlangga Surabaya (Unair), Badan Intelijen Negara (BIN) dalam penanganan kasus pasien positif Covid-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Bandung.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan para siswa calon perwira yang positif Covid-19 di Secapa TNI AD Bandung akan diberikan kombinasi obat hasil pengembangan Unair, BIN, dan TNI AD.

Menurut Andika, pemberian obat kepada siswa calon perwira sudah dilakukan oleh tim uji klinis anti Covid-19 dari Unair, BIN dan TNI AD pada Rabu pagi tadi.

“Pemberian kombinasi obat ini sesuai dengan protokol Pedoman Pelaksanaan Uji Klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujar Andika, Rabu (15/7/2020). Dikutip dari Antara.

Andika menambahkan saat ini pasien positif Covid-19 yang masuk dalam klaster Secapa TNI AD Bandung sudah berkurang karena beberapa pasien sudah dinyatakan sembuh.

Selain itu, sambung Andika, dari hasil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) kedua terhadap siswa calon perwira di Secapa TNI AD hingga Rabu pagi ada 116 pasien lagi yang dinyatakan negatif.

“Jadi, dari total 1.307 pasien positif Covid-19 di Secapa AD pada pagi hari sudah berkurang 281 orang menjadi tinggal 1.026 orang,” ujar Andika.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.