Haluan Berita

Hanya Sesuai Fakta
Wujud Apresiasi pada Petani, Tagar #PetaniPahlawanMasaPandemi Jadi Trending

JAKARTA- Di platform media sosial Twitter, tagar #PetaniPahlawanMasaPandemi menjadi trending. Tagar tersebut sempat merajai Twitter dengan menempati posisi trending topic nomor 1.

TRENDING TOPICS 1 INDONESIA

Tagar #PetaniPahlawanMasaPandemi mengingatkan kita bahwa di tengah pandemi Covid-19, ketersediaan pangan menjadi sangat penting. Penerapan karantina wilayah untuk melawan virus corona memengaruhi jalur perdagangan dan berdampak pada krisis pangan.

Apalagi bersamaan dengan bulan Ramadan, permintaan bahan pangan pasti semakin meningkat. Suara-suara soal krisis pangan pun kian nyaring.

Beruntungnya Indonesia merupakan negara agraris, sehingga Indonesia mampu memproduksi pangan sendiri. Maka di sini lah peran petani sangat vital.

Selain tenaga medis, petani juga menjadi garda terdepan dalam menghadapi krisis di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut diakui oleh Gurus Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Nunung Nuryantono.

“Di tengah-tengah krisis Covid-19 ini, kebutuhan pangan dan pasokan pangan yang memenuhi kaidah-kaidah kesehatan mutlak diperlukan. Di sinilah peran petani menjadi salah satu garda terdepan dalam menghadapi perang melawan Covid-19,” pungkas Nunung, pada 14 April lalu.

Bahkan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mengajak masyarakat untuk membeli makanan dari pengusaha kecil dan menghargai petani, nelayan, dan peternak yang memproduksi pangan selama masa pandemi Covid-19.

“Sudah saatnya bagi kita untuk memperhatikan satu sama lain dan menghargai mereka yang berasa di garis depan dalam pandemi ini. Mereka yang memproduksi pangan untuk kita makan setiap hari di masa yang sulit ini,” ujar perwakila FAO di Indonesia, Stephen Rudgard, pada Kamis (30/4/2020).

Peran petani memang sudah selayaknya diapresiasi. Sanjungan untuk para petani juga datang dari para Netizen Pro NKRI yang meramaikan tagar #PetaniPahlawanMasaPandemi.

Salah satu akun, yakni @ChusnulChotimah mencuitkan sebuah potret petani yang memegang kertas bertuliskan ‘Biar aku kepanasan untuk menyiapkan persediaan pangan, kamu di rumah aja’.

“Pesan para petani untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19. Seperti halnya tim medis mereka mengajak kita bekerja sama unk memerangi virus corona ini dgn tetap dirumah #PetaniPahlawanMasaPandemi,” cuitnya.

Lalu akun @Zul_88 menyebutkan bahwa pemerintahan Presiden Jokowi sudah membangun embung sehingga manfaatnya dapat dirasakan petani sekarang.

“Di periode pertama menjabat, Presiden Jokowi sangat giat membangun Embung bagi petani. Tujuannya agar Indonesia menjadi mandiri dan tidak perlu lagi melakukan impor beras. Sekarang embung itu sudah selesai dan sdh banyak yg dimanfaatkan oleh petani. #PetaniPahlawanMasaPandemi,” cuit dia.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.